• Januari 18, 2023

Orkestra Terkenal dari Indonesia yang Sudah Mendunia

 

Rasanya jika membicarakan musik orkestra di Indonesia, masih banyak yang kurang mengenal mengenai aliran musik ini. Tapi akhir-akhir ini seiring dengan berkembangnya media sosial, semakin banyak orang di Indonesia yang tertarik untuk menyaksikan orkestra secara langsung.

Tetapi mungkin kamu masih bingung mana saja orkestra ternama di Indonesia yang bisa kamu coba saksikan pertunjukkannya, bahkan namanya sudah mendunia, loh.

Orkestra Indonesia

1. Erwin Gutawa Orchestra

Pertama yang akan kami bahas adalah Erwin Gutawa Orchestra, sebuah orkestra yang sudah sangat dikenal dengan baik di Indonesia. Hal ini karena pendiri dari orkestra ini sendiri merupakan composer ternama Indonesia, yakni Erwin Gutawa. Orkestra yang sudah ia bentuk sejak tahun 1993 ini sudah banyak mengadakan pertunjukkan musik orkestra dan bahkan sampai mengiringi konser dari penyanyi papan atas Indonesia.

2. Twilite Orchestra

Twilite Orchestra adalah orkestra yang sudah dibentuk sejak tahun 1991 oleh Addie MS, bersama dengan Indra usmansjah Bakrie dan Oddie Agam. Orkestra ternama Indonesia satu ini bahkan sudah mendapatkan pengakuan dari dunia musik internasional dan menjadi orkestra Indonesia pertama yang berhasil tampil pada Sydney Opera House di tahun 2009. Kala itu mereka membawakan lagu-lagu tradisional Indonesia dengan aransemen orkestra. Selaini tu mereka juga sudah tergabung sebagai anggota American Symphony Orchestra League di tahun 1995.

3. Magenta Orchestra

Untuk kamu yang mencari orkestra pop di Indonesia, Magenta Orchestra mungkin bisa menjadi pilihan kamu. Orkestra yang dibangun oleh Indra Usmansjah Bakrie dan Andi Rianto ini melakukan pagelaran orkestra pertama mereka di tahun 2006 dan memiliki tema The Sound of Colors. Dalam tampilan perdananya, mereka melibatkan 101 orang pemain orkestra, 51 orang choir, 6 orang rhythm section, 4 orang backing vocal, 1 orang konduktor, dan 1 orang music director.

4. Jakarta Concert Orchestra

Jakarta Concert Orchestra adalah orkestra yang mulai didirikan di tahun 1999 dengan nama Parahyangan Chamber Orchestra. Orkestra yang berisi para musisi profesional dari Jogjakarta dan Jakarta ini berganti nama menjadi Jakarta Chamber Orchestra. Visi dari orkestra ini adalah untuk memperkenalkan musik-musik klasik yang ada di Indonesia, sebab itu di dalam konsernya mereka selalu menampilkan apa yang belum pernah ada di Indonesia. Pada tahun 2011, mereka kembali berganti nama menjadi Jakarta Concert Orchestra yang beranggotakan para musisi profesional dari beragam daerah.

5. Nusantara Symphony Ochestra

Nusantara Chamber Ochestra adalah proyek dari Yayasan Nusantara Jaya dalam upaya mendukung perkembangan seni dan budaya di Indonesia. Orkestra ini pun tampil di tahun 1988-1996 di bawah arahan dari music director dan konduktor, yakni Alm. Yazeed Djamin. Di tahun 1998 orkestra ini berganti nama menjadi Nusantara Symphony Ochestra dan menjadi salah satu orkestra yang dipegang secara profesional oleh para musisi terbaik di Indonesia.

6. Jakarta Philharmonic Orchestra

Selanjutnya ada Jakarta Philharmonic Orchestra, salah satu orkestra tertua yang ada di Indonesia. Orkestra ini sudah didirikan sejak tahun 1912 dan awal mulanya bernama Netherlands Indsche Radio Omroep Maatschaapij. Lalu pada tahun 1950, Netherlands Indsche Radio Omroep Maatschaapij. Ini terbagi menjadi dua, yakni Orkes Radio Jakarta yang memainkan reportoire klasik, dan Orkes Stuido Jakarta yang memainkan repertoire Indonesia. Keduanya kembali tergabung di tahun 1968 dengan nama Jakarta Philharmonic Orchestra di tahun 1968 dan dipimpin oleh Adidharma dan FX.

7. Indonesian Youth Symphony Orchestra

Terakhir yang akan kami bahas adalah Indonesian Youth Symphony Orchestra, sebuah orkestra yang memiliki visi untuk bisa membawa generasi muda. Orkestra yang merupakan gagasan dari Musik Remaja Indonesia ini terdaftar sebagai anggota Jeunesses Musicales International.

Itulah beberapa orkestra ternama di Indonesia yang namanya sudah mendunia. Jadi mana yang ingin kamu hadiri pertunjukannya?