• Desember 22, 2022

7 Pelukis Indonesia yang Karyanya Sudah Mendunia

 

Jika disuruh menyebutkan nama pelukis, siapa yang kira-kira akan kamu sebutkan? Leonardo da Vinci? Picasso? Vincent van Gogh? Tapi jika disuruh menyebutkan pelukis Indonesia, kira-kira nama siapa yang akan kamu sebutkan?

Di Indonesia sendiri sudah banyak pelukis yang berhasil mengenalkan karyanya sampai ke luar negeri. Dari sabang sampai Merauke, ada banyak pelukis yang perlu diapresiasi karyanya. Berikut ini kami akan membahas beberapa pelukis asal Indonesia yang karyanya sudah mendunia!

Pelukis Asal Indonesia

1. Raden Saleh

Akhir-akhir ini banyak orang yang kembali mencari tahu seputar Raden Saleh, terutama setelah rilisnya film berjudul ‘Mencuri Raden Saleh’ yang berhasil mencuri perhatian masyarakat luas. Raden Saleh sendiri merupakan pelukis legendari dari Indonesia yang pernah menempuh pendidikan di bidnag seni hingga ke Eropa. Ada banyak penghargaan yang berhasil diraih oleh maestro lukis ini. Lukisan yang diciptakan oleh Raden Saleh bergenre naturalis, di mana beberapa karya yang berhasil dilukisnya adalah Perburuan Banteng (1855), Perburuan Rusa (1846), Penangkapan Pangeran Diponegoro (1857), Perburuan Singa (1840 dan 1841), hingga Singa Terluka (1838).

2. Abdullah Suriosubroto

Abdullah Suriosubroto merupakan pelukis Indonesia yang terkenal di abad ke-20. Pelukis yang menempuh pendidikan kedokteran ini memiliki ciri khas berupa pemandangan alam yang tidak terlihat nyata. Orang Belanda yang mengagumi karyanya menyebut Abdullah Suriosubroto sebagai ‘Mooi Indie’ atau Hindia yang indah. Hingga saat ini karya dari Abdullah Suriosubroto tersimpan rapi di museum.

3. Affandi Koesoema

Pencinta seni tanah air pasti sudah tidak asing dengan sosok Affandi Koesoema, seorang pelukis yang sudah sangat terkenal di dunia. Ia bahkan sudah menciptakan setidaknya 2000 karya dengan teknik lukisnya yang unik. Ia tidak menggunakan kuas untuk menggores kanvasnya, melainkan langsung menggunakan jarinya. Di tahun 1950-an, Affandi Koesoema sudah pernah mengadakan pameran di Inggris, Amerika, Eropa, dan beberapa negara lain di Asia. Kini kamu bisa melihat hasil karya dari Affandi Koesoema di Yogyakarta.

4. Agus Djaya

Agus Djaya adalah seorang pelukis yang merupakan keturunan bangsawan asal Banten. Karena berasal dari keluarga yang berada, ia pun dapat melanjutkan pendidikannya ke Academy of Fine Art di Amsterdam. Bahkan ia sempat bertemu dengan beberapa pelukis terkenal, salah satunya adalah Pablo Picasso. Kontribusi penting Agus Djaya dalam dunia seni di Indonesia adalah ia mendirikan Persatuan Ahli Gambar Indonesia atau Persagi.

5. Sindu Sudjojono

Sindu Sudjojono merupakan pelukis yang pernah belajar sampai ke Jepang. Karya lukis dari tangan Sindu Sudjojono kebanyakan mengisahkan mengenai perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kembali kemerdekaan. Karya lain dari Sindu Sudjojono yang terkenal ada Pasukan Kita, Cap go meh, Wanita di Atas Bukit dan banyak lainnya.

6. Basuki Abdullah

Tahukah kamu kalau Basuki Abdullah ini merupakan salah satu pelukis yang paling berpengaruh di dunia? Pelukis yang terkenal dengan karya lukis potret ini merupakan pelukis di Istana Merdeka dan juga merupakan pelukis Istana Kerajaan Thailan di tahun 1960-an. Karya yang dihasilkan oleh Basuki Abdullah banyak diapresiasi di dunia. Hingga saat ini, ada lebih dari 20 negara yang mengoleksi hasil lukisannya.

7. Dullah Suleiweh

Terakhir yang akan kami bahas adalah Dullah Suleiweh, seorang pelukis yang lahir di kota Solo, Jawa Tengah. Sosok yang pernah menjadi pelukis istana di tahun 1950-1960 ini memiliki beberapa pameran ditahun 1978-1980. Lukisan karya Dullah juga banyak disukai oleh para penjabat tinggi, baik di dalam atau pun di luar negeri.

Itulah beberapa pelukis Indonesia yang namanya berhasil menembus kancah dunia!