• Januari 4, 2023

5 Seniman Kontemporer Asal Indonesia Ini Sudah Mendunia, Loh!

Tidak semua orang dapat menikmati karya seni kontemporer, karena banyak di antara mereka yang merasa nilai dari karya tersebut masih belum bisa dibandingkan dengan karya sebelumnya. Seni kontemporer sendiri merupakan istilah yang dipakai untuk benda seni yang dihasilkan di zaman sekarang ini. Tidak selalu membicarakan soal keindahan, tetapi terkadang karya ini memang sulit untuk dipahami.

Meski demikian, nama mereka berhasil untuk membawa harum nama bangsa yang ada di kancah internasional. Mahakarya ini dipamerkan di galeri yang ada di berbagai negara, mulai dari Asia hingga Eropa. Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa seniman asal Indonesia yang sudah mendapatkan pengakuan dari luar negeri atas karya yang dimilikinya.

Seniman Mendunia Indonesia

1. Indieguerillas

Pertama yang akan kami bahas adalah Indieguerillas, mereka merupakan pasangan duo seniman asal Yogyakarta yang sudah mulai berkarier sejak tahun 1999. Santi Ariestyowanti dan Dyatmiko Bawono memiliki latar belakang Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Hal yang membuat karya mereka memiliki keunikan adalah karena karyanya tidak jauh dari sekitar cerita rakyat yang ada di Indonesia. Kemampuan yang mereka miliki ini sudah dapat dinikmati di berbagai pameran yang ada di dalam ataupun di luar negeri. Bahkan di tahun 2008 lalu, mereka berhasil melakukan pameran di Colllateral Event of the 54th International Art Exhibition-la Biennale: Future Pass-From Asia to the World, Italia dan ‘Stikcker Expo 2008’ di Brazil.

2. Eko Nugroho

Berikutnya ada Eko Nugroho yang juga merupakan seniman asal Yogyakarta. Nama dari Eko Nugroho sendiri sudah sangat familiar di telinga penikmat seni di seluruh dunia. Hal ini karena Eko Nugroho sering kali mengikuti pameran seni internasional, seperti Tropen Museum Amsterdam, Asia Society Museum New York, Contemporary Arts Center New Orleans, Haus Der Kulturen Der Welt Berlin, dan masih banyak lainnya. Bahkan karya dari Eko Nugroho pernah dipakai oleh Louis Vuitton untuk model scraft koleksi terbaru mereka.

3. Angki Purbandono

Masih dari seniman asal Yogyakarta, kini ada Angki Purbandono yang dikenal memiliki seni dengan medium berupa scanner. Sudah sejak tahun 2005 ia menggeluti seni yang dinamai scannography ini. Pada awalnya penggunaan scanner ini bermula dari keinginan Angki Purbandono untuk menghadirkan cara baru dalam menampilkan karya fotografi. Aliran ini masih terbilang langka di Indonesia, keberaniannya inilah yang membuatnya sukses untuk masuk ke dunia seni rupa kontemporer.

4. Heri Dono

Heri Dono merupakan seniman asal Jakarta yang hasil karyanya sudah tidak perlu lagi untuk diragukan. Pria kelahiran 12 Juli 1960 ini berhasil menarik perhatian dunia berkat instalasi dengan tema sehari-hari dan teknologi sederhana yang ditampilkannya. Bahkan di tahun 2014 lalu ia berhasil menggelar pameran tunggal dan peluncuran buku dalam ajang seni rupa yang berjudul The World And I: Heri Dono Art Odyssey.

5. Agus Suwage

Terakhir yang akan kami bahas adalah Agus Suwage, seniman yang namanhya terus bersinar baik di kancah seni kontemporer dalam negeri atau pun di Internasional. Sosok Agus Suwage sering kali menggunakan foto dirinya di berbagai pose untuk menyampaikan kritik mengenai isu politis dan sosial yang ada di sekitarnya. Seniman yang lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Desain Grafis Tahun 1986 ini sering kali memamerkan karya seninya di berbagai negara.

Nah, itulah beberapa seniman kontemporer asal Indonesia yang namanya sudah sangat mendunia.