NORDIC-CIRCUS –┬áKadal bengkarung, dikenal juga dengan nama ilmiah Hemidactylus frenatus, adalah reptil kecil yang sering kali tidak begitu diperhatikan. Namun, keberadaannya memiliki peran penting dalam ekosistem tropis. Artikel ini akan menjelaskan karakteristik, habitat, perilaku, serta pentingnya kadal bengkarung dalam keseimbangan alam.

Karakteristik Fisik:
Kadal bengkarung adalah hewan nokturnal dengan panjang tubuh berkisar antara 7,5 hingga 15 cm. Ciri khasnya adalah kulit yang bersisik dan kasar, serta warna yang bervariasi mulai dari coklat muda hingga abu-abu. Kaki kadal ini dilengkapi dengan jari-jari yang memiliki setae, yaitu rambut-rambut halus yang memungkinkannya memanjat dinding vertikal bahkan kaca dengan mudah.

Habitat dan Penyebaran:
Kadal ini memiliki adaptasi yang baik terhadap berbagai habitat. Mereka umumnya ditemukan di daerah tropis dan subtropis, termasuk hutan, padang rumput, dan juga lingkungan perkotaan. Kadal bengkarung telah menyebar ke berbagai belahan dunia karena kemampuannya beradaptasi dengan berbagai lingkungan dan kebiasaan manusia yang sering mengangkut mereka secara tidak sengaja.

Perilaku dan Pola Makan:
Sebagai hewan nokturnal, kadal bengkarung aktif di malam hari. Mereka adalah pemangsa yang efisien, memakan berbagai serangga dan hama lainnya. Pola makan ini menjadikan mereka penting dalam mengontrol populasi hama di lingkungan manusia.

Reproduksi dan Pertumbuhan:
Kadal bengkarung berkembang biak dengan bertelur. Betina dapat menghasilkan beberapa telur yang diletakkan di tempat yang tersembunyi dan aman. Telur-telur ini akan menetas dalam beberapa minggu, tergantung pada kondisi lingkungan.

Konservasi dan Pentingnya bagi Manusia:
Meskipun kadal bengkarung tidak termasuk spesies yang terancam punah, mereka menghadapi ancaman dari kehilangan habitat dan polusi. Sebagai bagian dari rantai makanan, keberadaan mereka penting untuk menjaga keseimbangan ekologis. Di sisi lain, mereka juga membantu manusia dengan memangsa hama.

Kesimpulan:
Kadal bengkarung mungkin bukan hewan yang paling mencolok, namun peranannya dalam ekosistem tidak bisa dianggap enteng. Kehadirannya di sekitar kita harusnya diapresiasi sebagai bagian dari kekayaan biodiversitas dan sebagai penjaga keseimbangan alam. Dengan memahami kehidupan dan kebiasaan kadal bengkarung, kita dapat lebih menghargai keragaman hayati yang ada di sekeliling kita serta pentingnya pelestarian habitat untuk kelangsungan spesies ini.