NORDIC-CIRCUS –┬áTanaman Coriander Seed, atau yang lebih dikenal dengan nama ketumbar dalam bahasa Indonesia, adalah salah satu bumbu dapur yang tidak hanya meramaikan aneka masakan dengan aroma dan rasanya yang khas tetapi juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Coriandrum sativum tumbuh sebagai tanaman herba setahun yang termasuk dalam keluarga Apiaceae. Berasal dari wilayah Mediterania hingga Asia Barat Daya, ketumbar kini telah menyebar dan dibudidayakan di seluruh dunia.

Profil Tanaman Coriander Seed

Coriandrum sativum merupakan tanaman yang memiliki siklus hidup pendek. Tanaman ini dapat tumbuh hingga sekitar 50 centimeter dan memiliki daun yang terbagi dalam dua bentuk: daun basal yang lebar dan daun atas yang lebih halus dan berbentuk pita. Bunganya kecil dan berwarna putih atau merah muda, sedangkan bijinya berwarna cokelat muda saat matang dan memiliki aroma yang sangat khas.

Nilai Gizi dan Khasiat

Biji ketumbar tidak hanya digunakan sebagai bumbu masak tetapi juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Biji ini kaya akan vitamin K, vitamin C, dan vitamin A. Selain itu, biji ketumbar juga mengandung mineral penting seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi.

Dalam pengobatan tradisional, biji ketumbar dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji ketumbar memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antifungal. Biji ketumbar juga dapat membantu dalam proses pencernaan, mengurangi kolesterol dalam darah, dan bahkan berpotensi memiliki efek hipoglikemik yang mendukung pengelolaan diabetes.

Budidaya Coriander Seed

Budidaya ketumbar relatif mudah. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, meskipun tanah yang subur dan drainase yang baik adalah kondisi ideal. Coriander Seed membutuhkan sinar matahari penuh tetapi juga dapat tumbuh di bawah naungan parsial. Penyiraman yang teratur diperlukan untuk menjaga tanah tetap lembab, namun harus dihindari kelebihan air yang dapat menyebabkan pembusukan akar.

Untuk menanam ketumbar, biji dapat langsung disemai di tempat yang akan menjadi tempat tumbuhnya. Biji harus ditanam sekitar 1-2 cm di bawah permukaan tanah. Tanaman ini mulai berbunga dan menghasilkan biji setelah beberapa minggu, dan biji siap dipanen ketika warnanya berubah dari hijau menjadi cokelat.

Penggunaan dan Resep

Biji ketumbar sangat serbaguna dan dapat digunakan baik dalam bentuk utuh maupun yang sudah dihaluskan menjadi bubuk. Biji ketumbar utuh sering kali digunakan dalam acar dan marinasi, sedangkan yang sudah dihaluskan banyak digunakan dalam campuran bumbu kari dan masakan Timur Tengah.

Salah satu resep sederhana yang dapat dibuat dengan menggunakan biji ketumbar adalah dengan menambahkannya ke dalam resep sop. Biji ketumbar yang telah disangrai dan dihaluskan dapat ditambahkan ke dalam kaldu untuk memberikan aroma yang khas dan meningkatkan nilai gizi.

Kesimpulan

Coriander Seed adalah tanaman herba yang tidak hanya mudah dibudidayakan tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan berguna dalam berbagai resep masakan. Penggunaannya yang melintasi berbagai budaya menunjukkan betapa universitasnya tanaman ini. Baik untuk keperluan kuliner maupun kesehatan, Coriandrum sativum adalah bintang di dunia rempah yang patut mendapatkan lebih banyak perhatian.